Menjadi bodoh adalah PILIHAN!

Al ilmu qoblali qoul wal’amali (HR. Bukhari) sabda nabi tersebut mengisyaratkan setiap muslim untuk berilmu dulu sebelum beramal. Itulah Islam sungguh indah kita diwajibkan beramal shalih akan tetapi kita juga dituntut untuk berilmu terlebih dahulu, oleh karena itu menutut ilmu itu menjadi wajib hukumnya sesuai kaedah syariah “Perkara wajib yang tidak sempurna melainkan dengannya, maka ia adalah wajib”. Sholat itu wajib oleh karna itu ilmu tentang sholat menjadi wajib hukumnya untuk di pelajari setiap muslim.

Ilmu itu ibarat air di lautan yang tidak akan pernah habis bila digunakan, dan bermanfaat untuk seluruh makhluk Allah mulai dari manusia, hewan bahkan tumbuhan pun ada di air laut. Begitupun dengan ilmu niscaya engkau tak akan mampu untuk menguasai seluruh ilmu di alam semesta ini meskipun km diberi umur 1000 tahun sekalipun.

Tidak akan ada kebahagiaan yang sempurna bagi akal melainkan ketika menemukan ilmu baru. Bila kita keluar dari zona kenyamanan kita, memasuki wilayah pemahaman baru dan menyadari bahwa dalam hal tertentu kita merasa begitu bodoh. Sebenarnya tanpa mengambil risiko pun, segala sesuatu mungkin akan tetap baik baik saja.

Tapi jika kita ingin jadi lebih baik: mengambil risiko itu bukan pilihan, melainkan keniscayaan.

So, menjadi bodoh adalah PILIHAN. Menjadi lebih baik adalah sebuah KENISCAYAAN.

Sesuai sabda Nabi, “Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik dari pada hari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barang siapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia celaka”. Walaupun beberapa ulama ada yang mengkatagorikan hadist tersebut lemah sanadnya.

Jadilah lebih baik karena kenyataan hari ini adalah mimpi mimpi hari kemarin dan mimpi mimpi hari ini adalah kenyataan di hari esok, maka bermimpilah menjadi lebih baik dengan berilmu dan bermanfaat untuk sesama..

Written by damasmart

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

4 responses to “Menjadi bodoh adalah PILIHAN!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: