Daging Sapi Indonesia: Swasembada atau Langka?

Artikel Daging Sapi Indonesia: Swasembada atau Langka? (update indonesia, Desember 2012) Sudah menjadi suatu rutinitas dari negara indonesia mengalami kelangkaan daging sapi dan yang menjadi dampaknya adalah kenaikan harga daging sapi itu sendiri. Pemerintah seolah-olah membiarkan kejadian kelangkaan daging sapi ini terjadi setiap tahunnya, hal ini bertentangan dengan Program Swasembada Daging Sapi Tahun 2014 (PSDS-2014) dimana seharusnya ketersediaan daging sapi bisa terpenuhi setiap tahunnya. Meskipun program tersebut dicanangkan dengan target 2014, sungguh ironis jika dua tahun menjelang program swasembada daging sapi masih saja belum bisa terpenuhi yang mengakibatkan mahalnya harga daging sapi di pasaran.
Apabila kelangkaan daging sapi ini disebabkan oleh kebijakan PSDS-2014 tidak sepenuhnya benar, karena pada dasarnya dengan kebijakan ini pemerintah ingin melindungi peternak lokal dan membangun ketahanan pangan indonesia 2014, peraturan pemerintah terkait pembatasan impor daging sapi sebesar 10 persen dari kebutuhan di tahun 2014, harusnya kebijakan PSDS-2014 ini diimbangi dengan kekuatan pasar lokal yang mampu memproduksi daging sapi dengan kapasitas lebih besar dan kualitas yang baik sehingga mampu mendukung kebijakan PSDS-2014 ini.
Stimulus dari pemerintah baiknya dilakukan dengan diadakan kajian-kajian terkait evaluasi pelaksanaan PSDS-2014 ini. Kurangnya pasokan daging sapi, tidak lain karena terbatasnya peternak sapi lokal dan kurangnya perhatian pemerintah terhadap peternak lokal. Oleh karena itu, seharusnya kementrian pertanian dan peternakan mendorong peternak lokal untuk meningkatkan produktivitas dari daging sapi dengan cara memberikan subsisdi bibit, memberikan penyuluhan dan pelatihan peternakan dan program-program yang mendukung produktivitas daging sapi di Indonesia. Karena pada dasarnya suatu kebijakan tidak akan diketahui sampai sejauh mana efektifitasnya apabila tidak dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan tersebut.

a opinion by damasmart

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

2 responses to “Daging Sapi Indonesia: Swasembada atau Langka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: