NPWP masih relevan kah?

e-ktp
Berdasarkan sistem self assesment yang berlaku di Indonesia setiap Wajib Pajak wajib mendaftarkan diri ke Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ) yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak, untuk diberikan NPWP. Hal ini di atur dalam ketentuan Pasal 2 ayat (1) UU KUP baru, sebagaimana dikutip berikut ini:
“Setiap Wajib Pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan Wajib Pajak dan kepadanya diberikan Nomor Pokok Wajib Pajak “.
NPWP adalah salah satu alat untuk memungut pajak dari rakyat, cara ini belumlah efektif, karena Tidak jarang ditemukan bahwa satu Wajib Pajak memiliki lebih dari 1 (satu) NPWP. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan oleh adanya pemilikan lebih dari 1 (satu) KTP yang berbeda alamat, sehingga terkadang karena keawamannya atau maksud lain ( misal menyembunyikan aset yang dimilikinya).
National Electronic ID Card, e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan / pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.
Penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. Nomor NIK yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk). http://www.e-ktp.com/
Menurut saya e-KTP ini merupakan langkah yang positif dari pemerintah untuk menertibkan administrasi kependudukan. Sebagai contoh adalah negara Amerika, mereka menciptakan Sosial Security Number (SSN) untuk warga negara Amerika pada tahun 1935 dengan tujuan untuk melacak setiap individu untuk kepentingan pajak. tidak hanya untuk pajak tapi juga untuk segala macam keperluan seperti membuat SIM, membuka rekening bank, kartu kredit, kontrak rumah, medicare, kontrak telephone, melakukan transaksi jual beli, persyaratan masuk kerja dan lain sebagainya.
Data kependudukan akan lebih efektif dan efisien karena mulai dari lahir sampai masuk liang kuburpun semua datanya ada di nomor tersebut, diharapkan dengan e-KTP ini mampu mengadopsi sistem Sosial Security Number (SSN), tentunya NPWP sudah tidak diperlukan lagi, karena dengan SSN kita bisa menggunakannya untuk asuransi pensiun dan kesehatan secara otomatis.
Apa yg sudah dilakukan Jamsostek sudah benar tapi kurang comprehensive/menyeluruh karena hanya berupa pelayanan jasa jaminan hari tua , kesehatan,kecelakaan kerja dan kematian saja, Kalau SSN sudah digunakan secara menyeluruh/comprehensive bahkan untuk mengetahui masa lalu seseorang bisa dari SSN saja, seperti polisi di US untuk mengetahui indentitas seseorang tinggal input SSN ke dalam komputer, keluar segala macam criminal record seseorang.

Pertanyaannya kapan Indonesia segera mengoptimalkan fungsi e-KTP?
dibutuhkan akselerasi untuk mengejar ketertinggalan sistem yang masih buruk di Indonesia ini, dan tentunya diperlukan pemimpin revolusioner untuk secara konsisten mampu melakukan perubahan.

written by damasmart

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: