Barang yang hilang milik orang yang beriman

barang

Hikmah itu adalah barang yang hilang milik orang yang beriman. Dimana saja ia menemukannya, maka ambillah (HR. Tirmidzi )

Hakikat kebenaran dan hikmah kehidupan adalah barang hilangnya kaum Muslimin. Banyak sekali ditemuka fakta bahwa para ulama merujuk (menarik) pendapat mereka kembali, setelah mereka menemukan pendapat seseorang atau jama’ah dengan dalil yang lebih sahih dan hak. Umar pun demikian.

Suatu ketika, sahabat Umar r.a. bermaksud menegakkan had (sanksi) kepada seorang wanita yang sedang hamil. Kemudian, sahabat Ali r.a. berkata kepada Umar r.a.: “Jika Anda memungkinkan untuk melakukan had si atas punggungnya, maka Anda tidak bisa menjalankannya di atas perutnya.” Sahabat Umar r.a. kemudian berkata: “Jika tidak ada Ali r.a. maka rusaklah Umar r.a.”

Begitu luar bijaksananya kedua sabahat tersebut, Umar r.a. yang bermaksud untuk mengadili seorang wanita pezina yang sedang hamil dengan tidak egois dan gengsi mendengar dan membenarkan pendapat Ali r.a.

Maka benarlah sanjungan dari Rasullullah bahwa Ali adalah gudangnya ilmu. Dengan bijaksananya memperhatikan janin yang berada di kandungan seorang pezina yang hamil tersebut.

Wallahu’alam

Written by damasmart

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: