Taddabur QS. Al Kahfi

Al-Kahfi dijadikan sunnah untuk dibaca tiap jum’at agar umat minimal setiap hari raya pekanan mengingat betapa Allah mengagungkan karakter pemberani bagi para pemudanya.

Merupakan isyarat untuk do’a mendo’akan agar selalu terbentuk generasi yang saat menghadapi rezim kezhaliman kita menjadi pemuda berani (kisah Ashabul Kahfi), kemudian saat menjadi pemimpin negeri kita dapat menjadi negarawan amanah dan kompeten dalam mengelola peradaban (layaknya DzulQarnain).

Ini isyarat pula, kala timbul di zaman kita tiran seperti dihadapi pemuda Kahfi, pasti akan timbul pula para pemuda yang bersikap seperti kisah “Ashabul Kahfi”. Maka seiring dengan hadirnya eksistensi pemerintahan tiranik, maka akan selalu ada pula entitas pemuda yang sedia menghadapinya dan bertahan dalam iman, meski minoritas dan tercengkram tiran.

Bagaimana keberanian “Ashabul Kahfi” menerangkan kebenaran akan menimbulkan simpatik dan menanamkan keimanan yang tumbuh di hati orang-orang yang kagum.

Dan bagaimana keadilan “Dzulqarnain” memudahkannya untuk menundukan segala yang sulit, menciptakan keseimbangan, kemajuan, kesejahteraan dan keamanan dunia.

Semua itu pesan agar manusia sadar hakekat penciptaannya (sbg khalifah di muka bumi). Mereka bernilai, dikenang dalam sejarah dan bahkan diabadikan didalam Al-Qur’an karena mereka mampu mempertahankan agamanya. Tetapi jika ia melepaskannya, maka mereka akan kehilangan derajatnya, mereka tidak akan tercatat dalam sejarah dan bahkan tidak mungkin diabadikan di dalam Al Qur’an sebagai orang yang shaleh.

Sumber: Buku Renovani Negeri Madani dengan diolah penulis

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: