Belajar dari Muawiyah bin Yazid

Ketika di akhir hayat Muawiyah bin Yazid r.a diminta untuk menunjuk penggatinya untuk menjadi pemimpin kaum muslimin, muawiyah berkata “Bagaimana saya menunjuk seseorang, padahal waktu saya masih hidup saja saya tidak mau dengan jabatan ini lalu bagaimana saya menanggung jabatan ini setelah saya meninggal.”

Apa maksudnya
Bahwa seseorang yang kita tunjuk itu adalah tanggung jawab kita dihadapan Allah, ketika kita menunjuk seseorang kita akan mengamanahi dan ibarat hari ini kita mengamanahkan suara kita, jangan dipikir tidak akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah swt.

Seperti Muawiyah,
amanah yang kita berikan kepada orang itu. Nanti baik buruknya orang itu, maka kita akan bertanggung jawab dihadapan Allah. Muawiyah sewaktu masih hidup pun sebenarnya tidak mau atas jabatan khalifah, lalu bagaimana muawiyah mau menanggung masalah orang itu sepeninggal muawiyah.

sumber youtube, khalifah Muawiyah bin Yazid r.a

About damasmart

Traveling, Photography and Culinary Lover Motto Kembangkanlah kemampuanmu setinggi mungkin sehingga Tuhan pun akan berkonsultasi denganmu sebelum menentukan takdir-Nya untukmu Visi Menjadi pribadi yang sholeh dan bermanfaat (learning and teaching) Misi Mengambil yang baik2, dengan cara yang baik dan untuk menghasilkan yang terbaik Always aim high, strive to get there View all posts by damasmart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Book of Life

Write Your Own Story

Meilisa-Rosyadi

duniaku, duniamu . dunia kita :D

Taufiq_Qipot NgeBlog

" Ajarilah Anakmu Sastra! Agar ia menjadi Pemberani "

berhenti sejenak

Just another abu faqih's weblog

%d bloggers like this: